Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Recruitment CPNS KEMENKEU 2024

Formasi Recruitment CPNS KEMENKEU 2024
PakarBUMN.com | Kementerian Keuangan Republik Indonesia, disingkat Kemenkeu, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab mengelola keuangan dan kekayaan negara. Kemenkeu memiliki peran vital dalam menjaga stabilitas ekonomi, mengelola fiskal, dan memastikan pengelolaan anggaran negara yang efektif dan efisien.
Fungsi utama Kementerian Keuangan meliputi:
  1. Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Fiskal: Menyusun kebijakan fiskal yang mencakup pengelolaan penerimaan negara, belanja negara, dan pembiayaan anggaran, serta melaksanakan kebijakan tersebut untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas ekonomi.
  2. Pengelolaan Anggaran Negara: Menyusun, mengelola, dan mengawasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna mendukung pembangunan nasional dan pelayanan publik.
  3. Pengelolaan Utang dan Pembiayaan: Mengelola utang negara dan pembiayaan lainnya dengan tujuan menjaga keberlanjutan fiskal dan meminimalkan risiko keuangan.
  4. Pengelolaan Kekayaan Negara: Mengelola aset dan kekayaan negara untuk memastikan penggunaannya yang optimal dan bermanfaat bagi kepentingan publik.
  5. Pengawasan Keuangan: Melakukan pengawasan dan audit terhadap pengelolaan keuangan negara untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi.
  6. Perpajakan dan Bea Cukai: Mengelola penerimaan negara dari sektor perpajakan dan bea cukai, serta melakukan reformasi di bidang ini untuk meningkatkan efisiensi dan kepatuhan.
Kemenkeu dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Menteri Keuangan saat ini adalah Sri Mulyani Indrawati. Kemenkeu juga memiliki berbagai direktorat jenderal dan unit kerja lainnya yang mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian ini.

Saat ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia (KEMENKEU RI) membuka rekrutmen lowongan kerja untuk dapat bergabung bersama dengan posisi sebagai berikut:
CPNS 2024
Kementerian Keuangan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara, memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian Keuangan sebagai berikut.
Pengumuman lebih lengkap dapat dibaca pada file berikut:


Cara Melamar

Jika anda Berminat melamar dan sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja diatas silahkan Melamar dengan cara:



  1. Pendaftaran dibuka tanggal 20 Agustus - 6 September 2024
  2. Hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan, karena lowongan ini gratis tidak ada biaya dalam bentuk apapun.