Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Recruitment CPNS BMKG 2024

Formasi Recruitment CPNS BMKG 2024
PakarBUMN.com | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) adalah lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang bertugas memberikan layanan informasi terkait meteorologi (cuaca), klimatologi (iklim), dan geofisika (termasuk gempa bumi dan tsunami). BMKG berperan penting dalam menyediakan data dan informasi yang diperlukan untuk berbagai kepentingan, mulai dari keselamatan publik, transportasi, hingga perencanaan pembangunan.

Tugas utama BMKG mencakup:

  1. Meteorologi: BMKG memantau dan memprediksi kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, termasuk prakiraan cuaca harian, peringatan dini cuaca ekstrem, dan analisis pola cuaca.

  2. Klimatologi: BMKG melakukan pemantauan dan analisis terhadap kondisi iklim, termasuk perubahan iklim, pola curah hujan, dan suhu. Informasi ini penting untuk pertanian, pengelolaan sumber daya air, dan kebijakan lingkungan.

  3. Geofisika: BMKG memantau aktivitas seismik dan geofisika lainnya, seperti gempa bumi dan tsunami. BMKG bertugas memberikan peringatan dini dan informasi terkait kejadian gempa bumi serta potensi tsunami untuk mengurangi risiko dan dampak bencana.

  4. Penyuluhan dan Edukasi: BMKG juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya kesadaran akan cuaca, iklim, dan potensi bencana geofisika, serta bagaimana memitigasi risiko-risiko tersebut.

BMKG bekerja sama dengan berbagai lembaga nasional dan internasional untuk memastikan informasi yang disampaikan akurat dan tepat waktu, guna mendukung keselamatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.


Saat ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membuka rekrutmen lowongan kerja untuk dapat bergabung bersama dengan posisi sebagai berikut:
CPNS 2024
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bersama ini kami membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan pada unit kerja di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.
Pengumuman lebih lanjut dapat dibaca pada file berikut:


Cara Melamar

Jika anda Berminat melamar dan sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja diatas silahkan Melamar dengan cara:


  1. Pendaftaran dibuka tanggal 20 Agustus - 6 September 2024
  2. Hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan, karena lowongan ini gratis tidak ada biaya dalam bentuk apapun.