Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Recruitment CPNS ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) 2024

Formasi Recruitment CPNS ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) 2024
PakarBUMN.com | Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) adalah lembaga pemerintah nonkementerian di Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan arsip negara. ANRI memiliki peran penting dalam menyimpan, mengelola, dan melestarikan dokumen serta arsip yang memiliki nilai historis dan administratif bagi bangsa dan negara.

Tugas utama ANRI mencakup:

  1. Pengelolaan Arsip: ANRI mengelola arsip-arsip penting dari berbagai instansi pemerintah yang sudah tidak aktif digunakan tetapi memiliki nilai sejarah, hukum, dan informasi yang penting. Arsip ini mencakup dokumen-dokumen resmi yang berkaitan dengan kebijakan, keputusan, dan sejarah negara.

  2. Pelestarian Arsip: ANRI bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian arsip agar tetap dalam kondisi baik dan dapat diakses oleh generasi mendatang. Ini termasuk restorasi arsip yang rusak dan digitalisasi arsip untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

  3. Penyediaan Akses Informasi: ANRI menyediakan akses kepada masyarakat, peneliti, dan instansi pemerintah lainnya untuk mengakses arsip-arsip yang disimpan. Ini membantu dalam penelitian sejarah, pengambilan kebijakan, dan pendidikan.

  4. Penyusunan Kebijakan Kearsipan: ANRI juga berperan dalam menyusun kebijakan nasional terkait kearsipan, serta memberikan bimbingan teknis kepada instansi pemerintah dan swasta dalam pengelolaan arsip mereka.

Dengan peranannya, ANRI memastikan bahwa dokumen-dokumen penting yang menjadi bagian dari sejarah dan identitas nasional Indonesia tetap terjaga dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan di masa depan.


Saat ini ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) membuka rekrutmen lowongan kerja untuk dapat bergabung bersama dengan posisi sebagai berikut:
CPNS 2024
Sehubungan dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah Formasi Tahun 2024, bersama ini kami sampaikan bahwa Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di lingkungan ANRI dengan ketentuan sebagai berikut:

Cara Melamar

Jika anda Berminat melamar dan sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja diatas silahkan Melamar dengan cara:



  1. Pendaftaran dibuka tanggal 20 Agustus - 6 September 2024
  2. Hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan, karena lowongan ini gratis tidak ada biaya dalam bentuk apapun.